Ekasari

Nama sebuah asrama yang terletak di RT.01/RW.01, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129 berdiri pada tahun 1957. Saya salah satu penghuninya.

Ceritanya, seminggu lalu saya dihubungi junior asrama lewat WhatsApp yang sedang mencari donasi dari para alumni. Tawarannya kali ini sangat kreatif menurut saya. Menjual kaos bermotif tulisan EKASARI dengan tambahan donasi dari alumnus, seperti saya. Boleh juga. Idenya, saya suka.

Mengenang kembali puluhan tahun di Ekasari. Angkatan 28 yang nekad masuk asrama. Waktu itu semua teman-teman di jurusan saya melarang saya tinggal di asrama. Selain karena saya juga sudah punya kos di wilayah dekat kampus, mereka merasa tidak sehat. Ya, beberapa perjalanan kami di jurusan beberapa kali melewati gedungnya sewaktu pulang-pergi praktik lapang.

Gedung tua, kumuh, bangunan tidak terawat. Pastinya lembab karena terletak di bawah jalan di samping Jalan Salak. Setiap orang bisa melihat dari angkutan umum ketika sedang melintasi wilayah itu.

Saya kok tertantang, ya. Mungkin jiwa petualang saya menginginkan suasana berbeda dibanding kos. Pasti jumlah penghuninya banyak dan beragam. Sebenarnya saya tidak terbiasa berhubungan dengan jumlah orang yang terlalu banyak. Namun, kali ini saya putuskan mencoba tinggal di sana. Saya pikir gak salah juga. Sekaligus cari saudara.

Benar saja, pertama kali mendaftar sudah diplonco. Namun, saya bergeming saja. Saya mau lihat seberapa kuat saya bisa bertahan. Ya, sebulan diplonco seperti berlalu cepat. Padahal hampir setiap malam sebelum subuh, kami dibangunkan untuk uji nyali, uji sabar, uji patuh, dan banyak uji lainnya.

Menghafal “Kebulatan Tekad Asrama Ekasari”. Kalau tidak salah ada delapan butir dengan titik koma yang tidak lazim dan kami wajib hafal. Luar biasanya setiap warga dalam keadaan tidur pun bisa mengoreksi jika ada luput salah satu titik atau koma apalagi kata. Belum lagi dingin air Bogor sepagi itu sering kami terima. Lari keliling Kebun Raya Bogor sudah jadi kebiasaan. Kok mau-mauan saya menerimanya dengan lapang hati.

Entahlah, yang pasti setelah masa plonco, kami punya ikatan persaudaraan yang tinggi. Sampai sendal, kaos, botol air, celana (dalam) ikut jadi milik bersama.

Kang Yudha

Please follow and like us:
error

About Yudha Kurniawan

Yudha Kurniawan, lahir di Bukittinggi (kenal lahir) 4 Juli 1973. Menjadi Writerpreneur sejak 2019. Menjadi guru Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 1999. Telah berbagi materi-materi pendidikan di berbagai tempat, seperti Semarang, Medan, Palembang, Bengkulu, Pekanbaru, Sukabumi, Jakarta - Bogor - Depok - Tangerang - Bekasi, Lombok, Wamena - Papua, (Keningau - Beaufort - Sipitang - Kundasan - Sandakan) Sabah-Malaysia, dan Melbourne-Australia. Menjadi penggagas komunitas guru menulis (2009) dan memfasilitasi guru menulis di blog kelaskayu.com. Sempat mengelola kelas parenting di Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Menjadi penulis delapan belas buku sebelumnya, yaitu Sekolah yang Membebaskan - Antologi Cerita Komunitas (Kawan Pustaka, 2003), Berjuta Bintang di Langit Sekolahku - Antologi Artikel Kelas (Audi Grafika, 2004), Misteri Bulan, Belajar Sambil Bertualang (Wahyu Media, 2006), Menyusuri Sungai, Belajar Sambil Bertualang (Wahyu Media, 2006), Smart Games for Kids (Wahyu Media, 2007), Creative Games for Kids (Wahyu Media, 2008), Harmony in Tenacity (SAI Publishing, 2009), Character Building (ProU, 2013), Belajar Menjadi Pemimpin (SAI Publishing, 2015), Alam Terkembang Membawa Kisah (Media Guru, 2016), Jejak-Jejak Rindu - Antologi Cerpen (Mandiri Jaya, 2018), Menggenggam Semangat Siswa Hebat (Kata Depan, 2019), Resonansi Cinta - Antologi Artikel kelaskayu.com (SAI Publishing, 2019), Melarung Rindu (Media Guru, 2019), Menepis Kabut di Kinabalu (Media Guru, 2019). Sukses Ujian Bahasa Indonesia SD (Media Guru, 2019), Sukses Ujian Sains SD (Media Guru, 2019), Tumpeng - Novel Antologi (Teman Nulis, 2019). Saat ini juga aktif di lembaga Ikatan Guru Indonesia Wilayah Depok sebagai Ketua Bidang Pengembangan dan Pelatihan. Menjadi Pimpinan Redaksi blog kelaskayu.com. Dipercaya menjadi Editor Media Guru dan telah mengedit lebih dari seratus naskah. Aktivitas lainnya, terlibat dalam lembaga swadaya masyarakat MPPO (Masyarakat Peduli Petani Organik). Bisa berkoresponden di alamat ykurnie@gmail.com. Aktif di sosial media http://instagram.com/yudhakurnie_, http://facebook.com/yudha.kurniawan.737, http:www.twitter.com/yudhakurnie_

View all posts by Yudha Kurniawan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *