Kisah para nabi epsd 94.Kisah Nabi Yunus.” Nabi Yunus “

NABI YUNUS

Episode 94

Bismillah

Desa Ninawa merupakan desa yang makmur dan subur berkat karunia Allah. Dataran menghampar dengan tanaman hijau. Sungai mengelilingi desa ini dengan kejernihan airnya. Namun kekayaan alamnya tidak di syukuri oleh penduduk Ninawa. Mereka tidak hanya kufur akan ni’mat Allah tetapi juga tidak mau menyembah-Nya. Mereka menyembah berhala, planet dan bintang.

Dari situlah Allah mengutus seorang laki-laki yang saleh yaitu Yunus bin Matta. Beliau selalu beribadah kepada Allah. Penduduk Ninawa mengenal sosok Yunus bin Matta sebagai orang yang jujur, dan berakhlaq yang baik.

Setelah Yunus diangkat menjadi nabi, beliau langsung medakwahkan ajaran tauhid kepada penduduk Ninawa. Penduduk Ninawa gempar, mereka terbiasa beribadah menyembah berhala.

“Bicara apa Yunus? Dia hanya orang asing. Mengapa tiba-tiba dia bicara soal Allah, Tuhan yang satu”,mereka marah dengan kelakuan Nabi Yunus.

Mendapat perlakuan seperti itu, Nabi Yunus tetap berdakwah. Beliau memberikan pesan-pesan dan nasihat kepada mereka. mengingatkan akan hari kiamat, kematian, neraka dan surga. Serta mengajak mereka untuk menyembah Allah Yang Maha Esa. Nabi Yunus tidak pernah bosan untuk memberikan nasihat kepada kaumnya, tetapi tak seorang pun mau mengikuti ajarannya.

Sampai suatu hari, Nabi Yunus merasa putus asa dengan kaumnya. Dan mengingatkan akan datangya azab jika mereka tetap kufur kepada Allah. Dengan perasaan marah, sedih dan menyesal. Beliau pergi meninggalkan penduduk Ninawa.

Beliau pergi ke arah pantai dan memutuskan untuk naik kapal yang bisa membawanya pergi ke tempat lain. Padahal Allah tidak memerintahkan beliau untuk meninggalkan kaumnya.

Sementara itu penduduk Ninawa mulai merasakan ancaman Nabi Yunus. Mendadak awan menjadi gelap. Angin topan bertiup dengan suara bergemuruh. Binatang-binatang mulai gelisah.

Penduduk Ninawa semakin panik. Mereka mulai sadar, apa yang selama ini dikatakan Nabi Yunus. Akhirnya mereka pun bertobat kepada Allah. Dan Allah pun menerima taubat mereka.

Setelah Allah menerima taubat mereka, penduduk Ninawa mencari Nabi Yunus. Tetapi utusan Allah itu sudah jauh meninggalkan mereka.

Gambar diambil dari
Muhammadqossim.wordpress.com

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *