Kisah Para Nabi. Eps 100 ; Kisah Nabi Zakaria”Kabar Gembira Itu Datang”

KISAH NABI ZAKARIA

Episode 100

Bismillah

Kabar Gembira Itu Datang

Melihat keshalehan Maryam, Nabi Zakaria dan istrinya kembali teringat akan keinginannya mempunyai keturunan. Dan beliau pun selalu berdoa kepada Allah supaya diberikan keturunan yang akan meneruskan dakwahnya. Walaupun usianya sudah semakin tua, tulang-tulangnya telah rapuh, rambutnya sudah dipenuhi uban, akan tetapi Nabi Zakaria dan istrinya tidak berputus asa berdoa kepada Allah.

Allah Maha Penyayang dan Maha Mendengar segala doa hamba-Nya, termasuk doa Nabi Zakaria. Tanpa mengeraskan suaranya beliau selalu berdoa tanpa putus asa, agar Allah mengaruniakan seorang anak yang dapat mewarisi kenabian, kebijaksanaan, keutamaan dan ilmu yang dimilikinya.

Tak lama setelah beliau berdoa dengan penuh harap. Allah pun mengirim malaikat untuk bertemu Nabi Zakaria dan menyampaikan sebuah berita yang sangat menggembirakan bagi keduanya.

“Allah akan memberimu seorang anak laki-laki. Allah memberi nama anak itu Yahya,”berkata malaikat kepada Nabi Zakaria.

Keduanya seperti tidak percaya apa yang barusan disampaikan oleh malaikat. Usia mereka sudah sangat tua. Mustahil rasanya masih bisa memiliki keturunan. Oleh sebab itu mereka tak henti bersyukur kepada Allah atas berbagai nikmat-nikmat-Nya.

Dan Allah juga menerangkan bahwa akan ada tanda-tanda khusus saat istrinya akan hamil. Tandanya adalah Nabi Zakaria tidak dapat bicara dengan orang lain kecuali menggunakan isyarat mata, tangan, gerakan kepala. Keadaan itu berlangsung selama tiga hari. Mendengar tanda-tanda itu keduanya akan memperbanyak zikir selama hari-hari itu.

Hari yang bahagia itu pun datang. Istri Nabi Zakaria hamil, saat itu terjadi beliau terpaksa berbicara kepada orang-orang yang ada di sekitarnya dengan menggunakan isyarat. Atas rasa syukurnya Nabi Zakaria selalu bertasbih kepada Allah baik pagi maupun petang hari.

Hikmah:

1. Berdoa kepada Allah tanpa putus asa dan penuh keikhlasan merupakan salah satu sebab dikabulkannya doa.

2. Allah memberikan rezeki kepada siapa saja tanpa diduga dan tanpa batas.

3. Mempunyai anak yang soleh dan solehah adalah dambaan setiap orang tua.

4. Setiap sejarah perlu kita ambil ibrahnya.

Please follow and like us:

One Comment on “Kisah Para Nabi. Eps 100 ; Kisah Nabi Zakaria”Kabar Gembira Itu Datang””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *